Cara Menghafal Al Qur’an Dalam Waktu Singkat

Cara Menghafal Al Qur'an

Nsela.net, Sebagai umat islam kita harus bisa membaca al qur’an dengan baik dan benar. Di zaman sekarang jarang sekali remaja yang mau belajar membaca al qur’an, apalagi menghafalnya. Sebenarnya belajar membaca al qur’an sangat penting untuk diri kita, karena pada waktu sholat pasti membaca surat-surat yang ada di dalam al qur’an dan sholat itu hukumnya wajib bagi setiap muslim. Maka bagi yang beragama islam di wajibkan untuk belajar membaca al qur’an, lalu menghafal surat-surat pendek yang ada di dalam bacaan juz amma sebagai pelengkap bacaan sholat lima waktu. Memang menghafal al qur’an tidak semudah yang kita bayangkan, nah di artikel kali ini akan membahas tentang cara menghafal al qur’an yang paling efektif.

¬†Cara Menghafal Al Qur’an

1. Mengikhlaskan Niat

Yang pertama adalah mengiklaskan niat karena Allah. Jika menghafal al qur’an tidak niat karena Allah pasti hasilnya akan sia-sia karena tidak akan mendapat pahala sedikit pun dan hanya merasa lelah. Begitu pula sebaliknya kalau kita menghafalnya dengan niat ikhlas karena Allah, niscaya Allah akan mempermudah langkah kita di saat malas atau bosan karena halangan tersebesar untuk penghafal al qur’an adalah rasa bosan.

2. Melaksanakan Sholat Hajat

Setelah mengikhlaskan niat karena Allah, selanjutnya melaksanakan sholat hajat sebelum menghafal al qur’an dan berdoa kepada Allah agar di permudah pada saat menghafal¬†al qur’an. Untuk melaksakan sholat hajat bisa di lakukan kapan saja, yang penting tidak di laksanakan pada waktu terlarang mengerjakan sholat.

3. Memperbaiki Bacaan

Nah sebelum menghafal al qur’an, sebaiknya kalian memperbaiki bacaan kalian terlebih dahulu agar terhindar dari kekeliruan. Meskipun penghafal al qur’an mempunyai banyak keutamaan dan kelebihan, namun kalau masih keliru membacanya akan mengurangi pahalanya sendiri.

4. Pasang Target Menghafal

Biasanya di tengah perjalanan menghafal al qur’an banyak sekali kendalanya, misalnya hafalan yang sudah kita hafal bisa lupa lagi. Jadi kalau sudah seperti itu akan mengurangi semangat kita dalam menghafal al qur’an, bahkan ada yang sampai putus asa karena menganggap al qur’an susah di hafalkan. Sosulinya yaitu harus pasang target berapa lama kita bisa menghafalnya dan target ini berguna sekali pada saat kita malas menghafal al qur’an.

5. Memperdengarkan Hafalan

Cara menghafal al qur’an selanjutnya ialah memperdengarkan hafalan kepada orang lain, ini semua bertujuan untuk membenarkan kalau ada bacaan yang salah. Biasanya sering kali terjadi kesalahan tanpa di sadari, maka dari itu kita harus memperdengarkan hafalan kepada orang lain supaya ada yang membenarkan dan kesalahan tersebut tidak berlarut-larut dalam hafalan.

6. Murojaah (Mengulang-Ulang Hafalan)

Meskipun kita sudah hafal beberapa halaman, sebaiknya kalian tetap mengulang hafalan tersebut sesering mungkin. Jangan pernah merasa sudah hafal beberapa halaman, kemudian kita tidak pernah mengulanginya lagi dalam waktu yang lama. Karena itu semua akan menghilangkan hafalan-hafalan yang pernah kita hafal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *