Beriman Kepada Yang Ghaib Dalam Islam

Beriman Kepada Yang Ghaib Dalam Islam

Beriman Kepada Yang Ghaib  –  Mengimani hal ghaib adalah salah satu dari rukun iman, dimana rukun iman itu terdiri dari [1] iman kepada Allah Ta’ala, [2] iman kepada malaikat, [3] iman kepada kitab-kitab, [4] iman kepada rasul-rasul, [5] iman kepada qada’ dan qadar.

Mengimani akan hal ghaib juga merupakan salah satu ciri ciri dari orang yang bertaqwa, seperti yang disebutkan dalam surat Al Baqarah : 3 yang artinya :

“(yaitu) orang orang yang beriman pada yang ghaib, yang mengerjakan shalat, serta menafkahkan sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan pada mereka.” [QS. Al-Baqarah : 3]

Mengimani Yang Ghaib Berdasarkan Rukun Iman

Dalam islam kita mengenal adanya rukun iman dan rukun islam, seperti yang telah di sebutkan di awal tadi bahwasannya ada 5 rukun iman yang harus kita ketahui dan imani.

1. Iman Kepada Allah Ta’ala

Mengimani adanya nama dan sifat Allah Ta’ala adalah wajib bagi setiap muslim walaupun Allah Ta’ala itu adalah Ghaib (tidak bisa dilihat dengan indra penglihatan). Kita sebagai makhluk yang telah Allah Ta’ala ciptakan harus memegang teguh Tauhid yang artinya kita tidak menyekutukan Allah Ta’ala sebagai tuhan dengan tidak menyembah dan tidak beribadah kepada selain Allah Ta’ala, dan hanya Allah Ta’ala saja lah tuhan yang berhak untuk disembah dan di ibadahi.

2. Iman Kepada Malaikat

Malaikat adalah salah satu makhluk Allah Ta’ala yang tidak pernah berbuat dosa kepada Allah Ta’ala, adapun jumlah malaikat itu ada banyak sekali dan itu perlu untuk kita imani.

Adapun nama nama malaikat telah banyak disebutkan dalam Al Quran maupun dalam banyak hadits, kesemuanya juga harus kita imani walaupun malaikat itu adalah makhluk  ghaib tidak bisa untuk kita lihat dan mereka diciptakan Allah Ta’ala dengan tugas masing masing dan tidak pernah bermaksiat kepada Allah Ta’ala.

3. Iman Kepada Kitab-Kitab

Islam memiliki kitab suci yang bernama Al Quran, kita wajib mengimani akan adanya Al Quran serta kitab kitab yang diturunkan sebelumnya, karena Al Quran adalah pelengkap dari semua kitab yang diturunkan sebelumnya tersebut.

Dalam Al Quran terdapat banyak sekali pelajaran serta keilmuan dan juga kisah kisah isnpiratif untuk pedoman umat manusia agar tidak menyimpan dari fitrahnya sebagai seorang makhluk yang pada dasarnya lemah dan tidak berdaya.

4. Iman Kepada Nabi dan Rasul

Didalam islam terdapat 25 nama nabi dan rasul yang wajib untuk diimani, kesemua nama nabi dan rasul telah banyak di sebutkan dan diceritakan dalam Al Quran dan juga Hadits-Hadits shahih, tinggal kita mempelajarinya saja agar terpupuk rasa iman dan cinta kita kepada Allah Ta’ala.

5. Iman Kepada Qada Dan Qadar

Qada Dan Qadar adalah sesuatu yang ghaib dan wajib untuk kita sebagai umat islam untuk mengimaninya. Qada dan Qadar bisa kita artikan sebagai nasib dan takdir.

Allah Ta’ala telah menggariskan akan qada dan qadar dari semua  makhluk yang telah diciptakan-Nya, seperti rezeki, jodoh dan kematian semuanya telah Allah Ta’ala tetapkan sebelum penciptaan langit dan bumi. Kita terlahir kedunia ini bukanlah tanpa tujuan melainkan kita diciptakan untuk beriman serta beribadah kepada Allah Ta’ala dengan sungguh sungguh dan hanya mengharap ridho serta ampunan dari-Nya.

Dari penjelasan tema “beriman kepada yang ghaib” diatas kita bisa mengambil pelajaran bahwasanya kita hanyalah makhluk yang telah Allah Ta’ala ciptakan dengan segala keterbatasan dan kekurangan dan hanya untuk beribadah kepada-Nya.

Wajib untuk kita mengimani hal ghaib karena Allah, Malaikat, qada dan qadar kesemuanya adalah ghaib yang tidak bisa untuk kita lihat dengan mata kepala sendiri, namun kita hanya di perintahkan untuk mengimani akan adanya hal tersebut. Semoga bermanfaat Wallahu’alam Bishawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *