Cara Menangkap Burung Liar di Hutan (Ciblek, Prenjak, Kolibri)

Cara Menangkap Burung Liar

Nsela.net – Menangkap burung di alam liar tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan kesabaran, baik ketika menyiapkan peralatan, memasang jebakan maupun menunggu burung terperangkap.

Ada banyak metode yang bisa digunakan untuk menangkap burung liar, ada yang memikatnya kedalam kandang, memasang jaring, memasang jerat dan menggunakan lem atau getah pohon.

Setiap burung biasanya memilik cara-cara tersendiri untuk menangkapnya. Khusus untuk burung kecil seperti prenjak, ciblek, dll. cara yang efektif yaitu dengan menggunakan lem atau getah pohon.

Kenapa? karena burung ini senang bertengger dan berpindah-pindah antara ranting satu ke ranting lainnya.

Sehingga sangat tepat jika kita menangkapnya menggunakan lem atau getah pohon.

Untuk kalian yang mau mencoba, silahkan lihat panduannya dibawah ini.

Cara Menangkap Burung Liar

Cara Menangkap Burung Liar

Sebelum lanjut pada proses penangkapan, kita harus menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Berikut ini bahan-bahan yang harus disiapkan :

Persiapan untuk Menangkap Burung

  1. Getah Pohon

Getah pohon atau yang dalam bahasa jawa disebut pulut adalah bahan alami yang sangat ampuh untuk menangkap burung liar. Pulut sudah teruji dan terbukti efektif untuk menangkap burung tanpa harus menyakitinya (merusak bulu).

Getah pohon yang sering digunakan yaitu getah pohon nangka, Getah pohon Benda/Bendo, getah pohon karet dan pohon sukun.

Kenali setiap jenis getah yang akan digunakan, pastikan bahwa getah tersebut memiliki daya rekat yang cukup kuat untuk menahan burung agar tidak bisa kabur.

Dari beberapa referensi, getah Benda/bendo dan getah nangkalah yang paling efektif. Sebelum digunakan, sebagian orang merebus terlebih dahulu getah tersebut.

Jika menggunakan getah karet, sebaiknya diberi campuran oli bekas dan direbus hingga mendidih.

  1. Lem Fox atau Aibon

Lem hanya sebagai tambahan jika getah pohon dirasa kurang lengkat. Jika getah pohon kurang lengket, tambahkan sedikit lem fox atau aibon. Jangan terlalu banyak supaya tidak lembek. Apabila campuran terlalu lembek, tambahkan getah pohon karet.

  1. Audio Player

Siapkan audio player atau pemutar musik untuk memutar suara pikat burung kecil. Kalian bisa menggunakan speaker portable atau handphone yang memiliki output suara yang keras. Untuk Audio pikatnya kalian bisa download disini : https://citcuit.com

Bahan-bahan diatas harus disiapkan dengan baik, supaya proses penangkapannya lebih mudah.

Proses Penangkapan Burung Liar

Berikut ini cara menangkap burung liar baik dikebun maupun dihutan :

  1. Cari lokasi yang sering terlihat banyak burung target berkeliaran.
  2. Pasang getah yang sudah disiapkan disetiap cabang pohon sekitar. Atau bisa dengan membuat pohon tiruan dengan batang pohon. Semakin banyak ranting yang kalian olesi dengan getah maka peluang mendapatkan burung target semakin besar.
  3. Putar suara pikat burung kecil dibawah pohon yang sudah kita olesi dengan getah. Gunakan volume yang keras supaya terdengar dari jarak yang jauh.
  4. Tunggu dan perhatikan dari kejauhan, jangan membuat suara gadung yang membuat burung takut mendekat.
  5. Jika sudah terlihat ada yang terjebak, sebaiknya segera matikan suara pikat dan ambil burung tersebut. Jika sudah, kalian bisa putar lagi suaranya dan masukan burung yang berhasil ditangkap dikandang dan dikerodong supaya burung lebih tenang dan tidak terlihat burung lain.

Itulah cara menangkap burung liar yang sudah terbukti sejak jaman dahulu. Pastikan kalian tidak menangkap burung yang dilindungi.

Sebelum menangkap burung liar, perhatikan terlebih dahulu populasi burung target didaerah tersebut. Jika ternyata hanya sedikit, sebaiknya jangan menangkapnya untuk menjaga kelestarian burung. Jadilah penghobi burung yang bijak…OK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *