Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi

Burung lovebird di sukai banyak kicau mania karena mempunyai bulu-bulu yang indah dengan macam-macam warna yang cerah. Memang tidak semua orang menyukai burung kicauan karena terkenal sangat berisik, tapi justru itulah yang membuat kicau mania menyukai dan menyayangi burung tersebut. Seperti yang sudah anda ketahui bahwa suara burung lovebird terkenal dengan ngekek panjangnya yang keras dan nyaring, sehingga kerap di jadikan burung master oleh para kicau mania. Selain itu, perawatan burung lovebird terbilang cukup mudah dan cepat sekali jinak, bahkan saat ini lovebird menjadi primadona dalam berbagai kontes burung kicauan.

Namun ada satu masalah yang membuat kicau mania galau dengan burung peliharaannya yaitu mengalami macet bunyi. Sebenarnya bukan hanya burung lovebird saja yang bisa mengalami hal ini, tapi banyak sekali jenis burung yang bisa macet bunyi seperti kacer dan murai batu. Untuk mengatasinya, kita harus mengetahui penyebab burung macet bunyi terlebih dahulu karena merawat burung lovebird agar tetap rajin bunyi tidak hanya memberi pakan harian saja, tentunya harus memberikan perawatan lainnya seperti menuruti ke inginan burung kesayanganmu. Sehingga burung akan terhindar dari stres, ngedrop karena hal itu bisa membuat burung macet bunyi.

Ternyata masih ada faktor lain yang menyebabkan lovebird yang rajin bunyi berubah menjadi jarang bunyi, bahkan macet bunyi. Maka tidak ada salahnya anda membaca sedikit tips cara mengatasi dan penyebab lovebird macet bunyi berikut ini.

1. Burung Stres

Salah satu penyebab lovebird macet bunyi yaitu burung dalam keadaan stres. Biasanya lovebird stres karena terlalu lama sendiran dan akhirnya menjadi bosan (tidak ada teman/pasangan), tidak cocok dengan sangkar dan lingkungan sekitarnya, kekurangan pakan atau air minum dan terganggu oleh pasangan atau burung lainnya. Meskipun kondisi stres bisa menimpa semua jenis burung kicau dan burung peliharaan, namun hal ini sering kali terjadi pada burung lovebird.

2. Akibat Mabung

Mabung adalah masa saat burung akan menyimpan semua energinya untuk menjalani kondisi tersebut. Sebenarnya hal ini sangat wajar karena saat ia memasuki masa mabungnya akan jarang sekali berkicau. Sebaiknya pada masa pergantian bulu kita harus menyediakan pakan yang bergizi dan vitamin untuk membantunya melewati masa mabung dengan sempurna. Jangan mengganggu lovebird yang sedang mabung misalnya terus memancingnya untuk berbunyi dan melombakannya, maka akan menghambat proses mabungnya dan macet bunyi dalam waktu yang lama.

3. Burung Sedang Sakit

Mungkin masih banyak kicau mania yang belum tahu bahwa lovebird sangat pandai menyembunyikan kondisi atau keadaannya. Ketika burung lovebird jarang berkicau atau berubah menjadi pendiam, maka sudah dapat di pastikan bahwa burung tersebut sedang sakit. Biasanya burung lovebird yang sakit atau kurang fit mempunyai tatapan mata yang sayu dan berair. Bukan hanya itu, kotorannya akan terlihat cari atau encer.

4. Burung Terlalu Gemuk

Ada suatu masalah yang menghantui para pemilik burung kicauan yaitu kegemukan burung. Seperti yang sudah banyak di ketahui kicau mania bahwa burung gemuk akan malas berbunyi dan bisa memicu terjadinya penyakit yang akan mengganggu penampilannya. Biasanya lovebird bertubuh gemuk akan malas bergerak, sering tidur dan yang lebih parah lagi jarang berkicau. Nah sebaiknya anda mengurangi porsi pakan hariannya dan melatih lovebird dalam kandang umbaran supaya lebih sering bergerak, sehingga akan mengurangi kegemukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *