Cara Mengobati Jamur Pada Burung Kenari Agar Cepat Sembuh

Cara Mengobati Jamur Pada Burung Kenari

Nsela.Net – Masalah jamur yang di derita pada kebanyakan burung dan salah satunya ialah burung kenari, pasti hal ini memberi dampak tersendiri. Apalagi jika Anda adalah peternak yang tidak mengetahui cara mengobati jamur tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara-cara mengobati jamur dengan tepat. Hal ini tentu membuat para peternak menjadi cemas dan risau jika burung kenari kesayangannya menjadi burung yang terjangkit beragam penyakit dan salah satunya adalah infeksi jamur di daerah kaki. Berikut ini akan kami jelaskan cara-cara mengobati jamur tersebut yang memang sebaiknya di ketahui oleh peternak burung.

1. Mengeluarkan Kenari Dalam Sangkar

Cara mengobati jamur pada burung kenari yang pertama kali harus dilakukan ialah dengan mengeluarkan kenari yang terinfeksi jamur dari sangkar. Agar burung lebih tenang dan merasa aman, usap terlebih dahulu dengan usapan lembut dan menenangkan. Setelah lebih tenang dan nyaman lakukan tindakan lanjutan, bersihkanlah sela-sela kaki burung kenari tersebut sampai tak ada kotoran apapun yang menempel.

2. Cuci dan Keringkan

Hal berikutnya yang Anda lakukan adalah mencuci bersih bagian-bagian yang terkena infeksi jamur lalu pastikan daerah itu telah benar-benar bersih. Setelah itu, gunakan kapas ataupun tisu bersih untuk mengeringkan daerah yang sudah Anda cuci tadi.

3. Gunakan Salep

Cara mengobati jamur pada burung kenari selanjutnya ialah pemberian obat pertama. Obat-obatan yang termasuk dalam jenis ini yaitu obat salep. Gunakan salep yang bisa menangani secara baik pada burung kenari yang terinfeksi jamur. Pemberian salep ini akan memaksimalkan pengobatan burung kenari yang terjangkit jamur tersebut.

4. Gunakan Minyak

Jika mengalami kendala menemukan salepnya, Anda bisa memakai pengobatan dengan minyak. Minyak pertama untuk pengobatan kenari yaitu minyak tanah. Cukup oleskan minyak tanah ke bagian yang terinfeksi dan biarkan minyak mengering dengan sendirinya. Jenis minyak kedua yang juga efektif mengatasi masalah infeksi jamur adalah minyak tawon. Minyak ini banyak ditemukan di pasaran dan banyak manfaatnya.

5. Mandikan dan Jemur

Setelah memberikan pertolongan pertama, maka cara mengobati jamur pada burung kenari selanjutnya, mandikan dan jemur kembali kenari tersebut. Anda bisa menyemprot untuk memandikan kenari ini. Gunakan spray yang di isi air bersih dan semprotkan dengan merata dan badannya pun bersih. Setelah memandikan dengan baik, setelah itu Anda hanya perlu menjemurnya.

6. Perawatan Intensif

Hal lain yang tak boleh di abaikan saat melakukan pengobatan dan perawatan pada kenari yang terinfeksi jamur adalah memberikan perawatan dengan intensif. Hal ini di lakukan untuk mengoptimalkan perawatan terhadap kenari sampai burung terlihat benar-benar pulih.

Cara mengobati jamur pada burung kenari dengan intensif ini akan membuat suara burung kenari kembali berkicau dengan gacor, serta aktif dan gesit lagi bila infeksi di atasi dengan baik. Jika sudah teratasi, hal yang di perlukan hanya perawatan lanjutan agar jamur tidak kembali. Anda hanya memerlukan perawatan sederhana yang harus dilakukan.

7. Menjaga Kebersihan Kandang

Agar jamur tidak menyerang burung kenari kesayangan Anda, sebaiknya jangan biasakan membiarkan kandang dalam keadaan kotor. Cobalah untuk rutin membersihkan kandang kenari. Penyakit jamur yang di derita oleh kenari akibat perawatan dan kebersihan yang tidak di lakukan dengan baik. Setidaknya jemur burung kenari selama 1 jam tiap minggunya. Ini akan memastikan penyakit jamur tidak mudah menyerang.

Cara mengobati jamur pada burung kenari ini diharapkan dapat menghilangkan jamur dan mencegar burung kenari dan lainnya terinfeksi jamur tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *