Cara Merawat Kenari Agar Gacor Sepanjang Hari

Cara Merawat Kenari Agar Gacor Sepanjang Hari

NSELA.NET, Kenari merupakan jenis burung yang berada diindonesia. Para kicau mania memburu jenis burung ini karena kenari memiliki suara yang gacor dan bisa ngerol panjang. Selain memiliki suara gacor, kenari ini juga terbilang mudah dalam perawatan kesehariannya. Maka dari itu, pada artikel ini kami akan memberikan tips perawatan burung kenari supaya gacor sepanjang hari.

Burung kenari adalah burung penyanyi yang sangat banyak penggemarnya. Kenari memiliki variasi warna yang beragam dan berkombinasi warna yang unik. Suara kicauan burung kenari memanglah sangat variatif dengan naik turun nada yang mempunyai ritme irama lagu yang baik.

Merawat Burung Kenari Agar Gacor

Dalam merawat kenari agar gacor sepanjang hari memanglah sangat mudah dan simpel, tidak berbeda dengan perawatan burung kicau lainnya. Hal yang dapat membedakan dalam perawatan burung kenari adalah pemberian pakan dan exra foodingnya saja, dan sisanya bisa dikatakan sama saja dengan merawat burung kicau lainnya.

Nah untuk itu, bagi anda yang sedang mencari artikel yang berisi cara merawat burung kenari, didalam artikel ini kami sudah menyajikan beberapa cara merawat burung kenari supaya gacor sepanjang hari dan tiada hentinya. Mari kita simak bersama sama supaya anda lebih mudah untuk memahaminya.

Baca Juga: Manfaat Extra Fooding Untuk Burung Murai Batu

1. Berikan Pakan Berupa biji-bijian

Salah satu dalam merawat burung kenari pada usia 2 bulan yaitu dengan memberikan pakan berupa biji-bijian. Hal ini sangat penting sekali, karena kenari termasuk dalam golongan Granivora atau burung pemakan biji-bijian. Pakan biji-bijian ini wajib diberikan pada burung kenari pada setiap harinya.

2. Berikan Pakan Dedaunan

Dialam liar burung kenari juga menyukai makanan dedaunan. Anda bisa memberikan pakan dedaunan seperti, daun gingseng, daun dewa, daun binahong, daun mengkudu atau cangkudu, dan daun krokot.

3. Berikan Pakan Buah-buahan dan Sayuran

Selain memberikan pakan biji-bijian, kenari juga membutuhkan pakan tambahan atau extra fooding (EF). Karena burung kenari menyukai makanan buah-buahan untuk sebagai makanan tambahannya. Anda bisa memberikan pakan buah-buahan seperti, jagung mudah, apel, dan lain sebagainya.

4. Berikan Tulang Sotong Atau Asinan Pada Kenari

Bagi para kicau mania mungkin sudah tidak asing lagi dengan pemberian pakan tulag sotong kepada burung kesayangannya. Ada beberapa jenis burung kicau yang menyukai tulang sotong ialah, burung lovebird, kacer, murai batu, dan juga kenari.

Pakan tulang sotong sangat bermanfaat sekali bagi burung kicau. Tulang sotong mengandung kalsium dan fospos yang sangat tinggi, sehingga sangat berguna sekali untuk menjaga kesehatan pada burung.

5. Selalu Jaga Kebersihan Kandang

kebersihan kandang adalah hal yang sangat penting dalam merawat burung kenari. Kandang burung kenari tidak boleh kotor, jika kotor membahayakan kesehatan bagi burung kenari. Maka, bersihkan kandang burung jika anda menginginkan kenari membuka paruh, karena kenari menyukai tempat-tempat yang bersih.

6. Mandikan Kenari Dipagi Hari

Dalam memandikan burung juga menjadi salah satu aktivitas rutin yang wajib anda lakukan dalam merawat burung kicau, termasuk burung kenari. Ada dua cara memandikan burung kenari yang bisa anda lakukan dalam memandikan burung kenari kesayangan anda.

  1. Dengan menyediakan wadah khusus  yang berisi air, kemudian masukan kedalam sangkar burung kenari supaya kenari mandi sendiri.
  2. Anda juga bisa memandikan burung dengan cara menyemprotkan menggunakan hand sprayer. Waktu yang paling tepat dalam memandikan burung kenari adalah pagi hari, setelah mata hari terbit.

7. Jemur Kenari Dipagi Hari Dan Sore Hari

Dalam penjemuran pada burung kenari hal yang sangat penting dalam merawat burung kicau. Untuk penjemuran dipagi hari anda bisa lakukan setelah memandikan burung kenari. Tapi ingat, dalam menjemur kenari tidak boleh lebih dari jam 9 pagi jika anda tidak ingin kenari anda sakit.

Jika cuaca bagus anda bisa memulai menjemur kenari pada sore hari, anda bisa menjemur kenari kurang lebih 30 menit.

8. Lakukan Pemasteran Agar Kenari Gacor

Untuk menciptakan kenari supaya gacor dan bisa ngerol, langkah selanjutnya anda bisa lakukan denga memasterkan burung kenari. Jika anda tidak mempunyai burung asli, anda bisa menggunakan suara burung kenari berbentuk file Mp3 yang sudah kami sediakan sumberkicau.com untuk memasterkan kenari anda.

waktu yang baik dalam memasterkan burung kenari adalah siang hari, sore hari dan malam hari. lakukan pemasteran pada burung kenari kurang lebih 2 jam dalam sehari.

9. Berikan Multi Vitamin

Selain pemberian pakan diatas, anda juga perlu memberikan multi vitamin supaya kenari sehat dan rajin berkicau. dalam pemberian pakan multivitamin biasanya antara 2 sampai 3 dalam seminggu.

Mungkin hanya itu saja yag dapat kami bagikan kepada anda dalam perawatan burung kenari supaya gacor dan bisa ngerol, semoga artikel kami ini sangat bermanfaat bagi anda semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *