Hikmah Bulan Ramadhan Dan Keutamaannya

Hikmah Bulan Ramadhan Dan Keutamaannya

Hikmah Bulan Ramadhan Dan Keutamaannya – Hallo sobat, sudah punya kalender jadwal imsakiyah ramadhan tahun ini ? yuk persiapkan mulai dari sekarang dan mulai menyiapkan diri untuk menyambut bulan mulia yakni bulan Ramadhan.

Bulan Ramadan adalah bulan yang punyai banyak sekali keutamaan-keutamaan di dalamnya ketika kita beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Di dalam banyak hadits telah banyak disebutkan tentang keutamaan keutamaan dari bulan Ramadan.

Dan pada kesempatan yang baik ini kami akan menyampaikan beberapa keutamaan keutamaan dari bulan Ramadan berdasarkan hadis dan Dalil dari Nabi Shallallahu alaihi wasallam dan juga yang ada dalam Al Quran..

Baik langsung saja berikut ini poin-poin penting dari hikmah bulan Ramadhan dan keutamaannya.

Keutamaan Dan Hikmah Bulan Ramadhan

Keutamaan atau hikmah yang ada di dalam bulan Ramadan antara lain adalah sebagai berikut.

A. Ramadan merupakan bulan Al-quran diturunkan

bulan Ramadan adalah bulan yang amat Mulia bulan ini merupakan bulan yang didalamnya penuh dengan pahala yang berlipat-lipat yang akan didapatkan oleh seseorang ketika ia mengamalkan suatu amalan yang sesuai dengan syariat.

Dan keutamaan lainnya ialah bulan ini merupakan bulan diturunkannya Alquran Nul Karim kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Di dalam Alquran surat Albaqarah ayat 185 telah disebutkan di dalamnya atau arti dari ayat tersebut ialah menerangkan tentang turunnya al-quran di bulan puasa Ramadan.

Kemudian dalam tafsir quranil adzim I/501, Darut Thoybah yang merupakan kitab dimana Ibnu Katsir rahimahullah ketika menafsirkan ayat ini Beliau berkata Bahwasanya Allah ta’ala telah jelas memuji bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Beliau Ibnu Katsir rahimahullah  berkata demikian berdasarkan bunyi ayat tersebut yang mana pada ayat tersebut telah disebutkan bahwa hanya Alquran turun ketika bulan puasa Ramadan.

B. Dibukakan Pintu Surga

dalam hadis riwayat Muslim telah disebutkan bahwasanya Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda : “ketika Ramadhan Datang Pintu Surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup serta pada saat itu setan dibelenggu“.

Kemudian Syekh Ibnu utsaimin rahimahullah dalam menafsirkan hadis ini berdasarkan bunyi hadis riwayat Muslim di atas karena pada bulan Ramadan banyak orang-orang melakukan amal kebaikan dan sedikit yang melakukan amal-amal keburukan.

Oleh karena itu pada bulan Ramadan sangat dibuka lebar sekali pintu-pintu surga,dan ditutup pintu pintu neraka.

C. Setan setan dibelenggu ketika bulan Ramadhan

Berdasarkan bunyi hadits riwayat Muslim seperti yang ada Point “dibukakan Pintu Surga” kelanjutan bunyi hadis tersebut ialah bahwasanya setan-setan pada waktu bulan Ramadan mereka dibelenggu oleh Allah ta’ala.

 D. Terdapat malam Lailatul Qadar yakni malam kemuliaan

di dalam bulan Ramadhan terdapat satu malam yang nilainya Ketika seseorang beribadah didalamnya maka seolah-olah ia melakukan amalan itu selama 1000 Bulan.

 Malam tersebut dikenal dengan malam Lailatul Qadar, dan Allah telah menyebutkan keutamaan dari malam ini di dalam Alquran yakni tepatnya surat Al Qadr.

Keutamaan bulan Ramadhan sangatlah luar biasa Ketika seseorang memang benar-benar ingin beribadah kepada Allah maka seluruh dosanya akan Allah ampuni dan untuknya dibukakan pintu itu surga yaitu salah satu kenikmatan yang akan Allah berikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh.

 Di malam Lailatul Qadar banyak hadits yang menyebutkan keutamaan beribadah pada malam ini.

Dan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah  memberikan sabdanya mengenai bulan Ramadhan dan beliau Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah memberikan contoh beliau mengencangkan ikatan sarungnya ketika memasuki 10 hari terakhir dari bulan Ramadan Karena pada malam ini pada malam-malam 10 yang akhir terdapat 1 malam mulia yakni malam Lailatul Qadar.

E. Orang yang berpuasa akan dikabulkan doanya oleh Allah

Dalam hadis riwayat Al bazzar bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam pernah bersabda :”sungguh Allah telah membebaskan beberapa orang dari siksa api neraka di setiap hari pada bulan Ramadan“.

Silakan sobat lihat hadits riwayat Al bazzar ini sebagaimana dalam Mujma’ul Zawaid  dan Al haytsami  bahwasanya orang yang meriwayatkan hadis ini adalah orang yang tsiqoh atau terpercaya. Silahkan lihat jami’ul Ahadits Imam suyuthi.

F. Keutamaan Orang Yang Berpuasa

Kemudian keutamaan-keutamaan lainnya dari bulan Ramadan atau puasa sendiri khususnya adalah sebagai berikut :

1. Puasa Adalah Perisai

Puasa merupakan perisai yang melindungi seorang muslim dari api neraka”  hadits riwayat Ahmad dan al-baihaqi yang mana hadits ini dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam shahihul jami’.

2. Puasa Akan mendatangkan pahala yang tak terhingga

 puasa sendiri akan mendatangkan pahala kepada orang yang mengamalkannya, Puasa merupakan ibadah yang sangat Agung nilainya disisi Allah ta’ala, karena Allah Ta’ala menilai puasa itu langsung tanpa melalui perantara.

3. Kebahagiaan Orang Yang Berpuasa

orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yakni kebahagiaan ketika ia berbuka puasa dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabb-nya kelak.

4. Bau Mulut Orang Berpuasa Lebih harum dari minyak kasturi

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan bahwasanya bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum aromanya dari minyak kasturi atau misik.

Selain dari beberapa poin poin yang sudah kami sampaikan diatas, Sebenarnya masih banyak lagi keutamaan dan hikmah bulan puasa Ramadan yang tak bisa kita Uraikan satu persatu Pada kesempatan kali ini.

Setidaknya beberapa poin yang sudah kami sampaikan diatas merupakan inti dari keutamaan dan hikmah dari bulan puasa Ramadan

sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini Semoga apa yang sudah kami sampaikan bisa memberikan manfaat kepada teman-teman semua dan semoga bisa dipahami dengan baik dan benar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *