7 Keutamaan Surat Yasin Bagi Pembacanya

Keutamaan Surat Yasin

Surat yasin tergolong surat Makkiyah yang di turunkan di Mekkah. Surat yasin terdiri dari 83 ayat, arti surat yasin tidak diketahui. Sebab kalimat yasin yang berada di dalam surat merupakan ayat mutasyabihat (tidak ada yang mengetahui selain Allah SWT).

Terkadang sebagian masyarakat Indonesi membaca surat yasin ketika malam jum’at. Isi yang terkandung dalam surat yasin sangatlah luas, yang terdiri dari kekuasaan-kekuasaan Allah SWT, kisah perjuangan para pendakwah, peringatan kematian, dan hari akhir.

Dan surat yasin memiliki keistimewaan atau keutamaan bagi orang yang membacanya. Sama seperti dengan surat an nisa. surat al-kahfi, surat al-ikhlas, surat al-mulk, surat al-baqarah dan nama surat lainnya. (sumber : Quranlite.net)

Adapun keistimewaan dari surat yasin diantaranya yaitu:

1. Matinya di anggap mati syahid

Ada sebuah hadist yang menjelaskan bahwa orang yang merutinkan membaca surat yasin dimalam hari, kemudian dia mati, maka dia mati keadaan mati syahid dan dipermudah ajalnya. Adapun bunyi hadist nya yaitu:

“Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid” (HR.At- thobroni).

2. Hatinya akan merasa lebih tenang

Setiap orang yang selalu mengingat kepada Allah SWT, maka hatinya akan tenang. Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sama saja dengan orang yang sedang berdzikir. Berdzikir berarti mengingat kepada Allah SWT.

Sebagaimana yang disabdakan oleh Rosulallah SAW “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah lah hati menjadi tenteram” (Ar-ra’ad :28).

3. Menambah keimanan kepada Allah SWT

Seseorang yang membaca surat yasin kemudian memahami artinya maka keimanannya akan menambah. Sebab surat yasin berisi tentang keagungan Allah SWT.

Dan surat yasin juga berisi tentang kematian yang dapat menambah keimanan kita dan dapat membuat kita lebih semangat untuk beribadah dan berbuat baik.

Selain itu, surat yasin juga berisi tentang perjuangan para pendakwah islam pada zaman Rosulallah SAW. Sehingga kita dapat mengambil hikmah dari kisah-kisah para pejuang tersebut.

4. Jiwanya akan bersih

Seseorang yang rajin membaca al-qur’an maka hatinya akan tenang dan jiwanya akan bersih. Termasuk seseorang yang membaca surat yasin sengan rutin maka jiwanya akan bersih.

Dan setiap membaca al-qur’an supaya di niati karena Allah SWT semata. Tidak memiliki niat ingin sembuh dari penyakit, agar mendapatkan rezeki yang banyak atau hal sebagainya.

Sebab jika seseorang ketika membaca al-qur’an dengan niat tidak karena Allah SWT, maka tidak akan diberi pahala oleh Allah SWT. Untuk itu jagalah niat kita agar tetap karena Allah SWT.

5. Dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT

Ada sebuah hadist yang meriwayatkan bahwa “Barang siapa yang membaca surat yasin pada malam hari dengan mengharap keridhoan Allah SWT maka akan diampuni dosa-dosanya”. (HR. At-Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah RA)

Dari hadist tersebut sudah tertulis dengan jelas bahwa seseorang yang rutin membaca surat yasisn dimalam hari dengan mengharap ridhonya Allah SWT (surga). Maka dosa-dosa nya akan diampuni dan akan mendapatkan pahala yang besar.

6. Bumi tidak mau menelan tubuhnya

Seseorang yang rutin membaca al-qur’an bahkan dia mau menghafalkan nya maka ketika dia meninggal bumi tidak akan menelannya (tubuhnya akan tetap utuh sampai hari akhir).

Bumi tidak mau menelan tubuhnya, sebab didalam tubuh orang tersebut terdapat ayat-ayat suci al-qur’an yang telah dihafalkannya semasa dia hidup.

7. Surat yasin merupakan inti dari Al-Qur’an

Setiap sesuatu memiliki inti dan inti al-qur’an adalah surat yasin. Jika seseorang membaca satu kali surat yasin sampai akhir maka sama saja membaca al-qur’an 10 kali khataman. Seperti yang dijelaskan didalam hadist:

Dari anas dia berkata, Rasulullah SAW bersabda “Setiap sesuatu punya inti. Inti alquran adalah surat yasin. Barang siapa membaca surat yasin, maka Allah akan mencatat satu kali bacaan setara sepuluh kali bacaan Alquran” (HR Al-Tirmidzi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *